Apa sih ilmu fengshui itu?

Kepikiran tentang ilmu fengshui, ilmu apa sih sebenarnya?. Melihat sebuah majalah, jika ingin berkonsultasi tentang ilmu fengshui, mohon agar menyertakan data denah rumah ukuran skala, arah mata angin, dan data diri (tanggal kelahiran kepala keluarga pencari nafkah). Artinya, mungkin secara garis besar ilmu fengshui itu ilmu menghubungkan fungsional antara ruangan, lingkungan, dan diri sendiri dalam hal bangungan.

Saya coba copas artikelnya Mas Dian, MRE seorang Pakar dan penulis Fengshui yang produktif yang berjual “Fenghshui = arsitek purba”.

Tanya fengshui :

Rumah mana yang lebih cocok untuk saya? Yang menghadap ke timur atau ke barat, mengingat kelahiran saya Januari 1971 dan istri 1975. Apa kegunaan tanggal lahir dalam fengsui? Mohon penjelasan, sering saya dengar fengsui adalah ilmu meramal. Benarkah? Terima kasih. Martono Solo

Jawab fengshui :
Martono yang baik,
Anda kelahiran Januari 1971, dalam ilmu astrologi China yang populernya disebut astrologi 12 Xiao/shio masih berada dalam lambang Xiao Anjing Logam dengan Ming Gua/elemen magnetik diri Zhen/ unsur Kayu, digolongkan sebagai kelahiran Jiwa Timur. Jadi, rumah yang cocok untuk unsur kelahiran Anda adalah yang duduk di timur ke barat. Selain itu masih ada pilihan lain yang juga baik, yaitu menghadap ke utara, selatan, dan barat laut.

Untuk melihat baik tidaknya arah rumah, dalam fengsui seharusnya mcnggunakan konsep kedudukan. Tapi umumnya yang ditanyakan orang adalah posisi arah yang baik, sehingga para ahli fengsui harus melayaninya dengan menggunakan jawaban sebaliknya demi memudahkan penanya.

Perlu dijelaskan, ilmu fengshui adalah ilmu arsitektur ala China purba, karena semua bangunan di China pada masa lalu didesain oleh ahli fengshui (istilah arsitek baru ada sekitar abad pertengahan). Selain menilai desain tata ruang dan eksterior luar/lingkungan, fengshui juga menitikberatkan dampak akibat dari bentuk tata ruang terhadap para penghuninya. Tujuannya untuk menciptakan hubungan keselarasan penghuni dengan rumah dan lingkungannya.

Penyelarasan antara objek dan subjek menggunakan rumusan rumit dan harus ada faktor yang dijadikan sebagai dasar pedoman. Untuk objek bangunan sudah jelas menggunakan konsep kedudukan dan tata ruang, sedangkan untuk subjek manusia memakai elemen tahun kelahiran atau sifat magnetik diri/Ming Gua.

Sangat tidak etis menentukan elemen diri berdasarkan wajah atau garis tangan, karena yang kita baca bukan sifat dan karakter seseorang tapi sifat dari elemen diri yang tidak tampak (identik dengan aura) untuk menentukan baik tidaknya arah kedudukan.

Contoh mudahnya sebagai berikut: Saat menerima telepon genggam dalam ruang tertutup sering sinyalnya tidak jernih sehinggga harus pindah tempat dan arah untuk mencari gelombang sinyal yang kuat agar suara menjadi jernih.

Ilustrasi ini identik dengan cara kerja fengsui mencari gelombang keselarasan sehingga kita tahu arah dan kedudukan yang baik dan tidak. Astrologi China sebenarnya adalah ilmu menghitung siklus bioritme, bukan meramal. Sayangnya, banyak yang menyelewengkannya demi mengumpulkan untuk kepentingan diri sendiri. Ilmu fengshui identik dengan arsitektur China purba.

Sumber : Majalah kartini November 2013 rubrik Mas Dian, MRE – Pakar & penulis -Fengshui yang produktif.

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG