Belanja pernik-pernik komputer ala Glodok (2)

PELUANG USAHA / SENTRA USAHA Belanja pernik-pernik komputer ala Glodok (2) Jumat, 22 September 2017 / 09:15 WIB Belanja pernik-pernik komputer ala Glodok (2)

KONTAN.CO.ID – Lantaran sudah dikenal sebagai sentra komputer dan aksesori pendukungnya, para pedagang yang menjajakan dagangan di kawasan Pasar Lama, Tangerang mendapat berkah. Para pembeli yang datang tidak cuma berasal di sekitar kota Tangerang saja tapi juga sampai ke Banten.

Ambil contoh Ferri, pemilik dari Mitra Marga Sejahtera, yang menjajakan beragam produk komputer dan laptop serta aksesori pendukung lainnnya. Pria ini sudah cukup lama berjualan di Pasar Lama. "Kurang lebih sudah 17 tahun, mulai tahun 2000," katanya kepada KONTAN.

Usaha yang sudah Ferri tekuni tersebut kini sudah membuahkan hasil. Saban bulan, ia mengaku bisa meraup pendapatan hingga puluhan juta.

Omzet yang terbilang lancar ini bisa terjadi lantaran para pedagang di sana berani menjajakan barang dagangan dengan harga cukup miring dari tempat lain. Selain itu, item barang yang dijajakan toko komputer Pasar Lama, termasuk milik Ferri, cukup lengkap dan tidak kalah dengan yang ada di Jakarta.

Misalnya beragam merek dan tipe Laptop, seperti Lenovo, Asus atau HP. Adapun perlengkapan komputer seperti keyboard, mouse, kabel HDMI, earphone dan lain sebagainya.

Selain kelengkapan barang yang dijajakan, Ferry mengklaim kalau barang dagangannya punya kualitas yang tidak diragukan. Sebab ia mengambil dari distributor yang terpercaya yang ada di Jakarta. Sayang, ia tidak merinci nama distributor tersebut. Yang jelas, produk dagangannya tidak berbeda dengan yang dijajakan di pusat komputer yang ada di Jakarta.

Tapi yang namanya usaha, pasti ada kendala yang harus diselesaikan. Salah satu hal yang terbilang krusial adalah saat barang yang dipesan ternyata kosong alias tidak ada stok. Mau tidak mau, Ferry harus mencari barang tersebut ke produsen barang yang bersangkutan. Sebab kelancaran stok barang sangat mempengaruhi laju bisnis usahanya.

Maklum, pelanggannya tergolong beragam. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, gamers, hingga pengelola warnet. "Saya udah lama jadi pelanggan," ucap salah satu konsumen yang enggan disebut identitasnya.

Fulus serupa juga dialami Toko Calis Komputer. Menurut Indah, Kepala Toko Calis Komputer, saban bulan toko ini sanggup meraup omzet hingga ratusan juta.

Sama seperti Mitra Marga, toko yang sudah berdiri sejak 2007 ini juga menjajakan beragam tipe laptop dan aksesori komputer. Termasuk perangkat lunak alias software.

Calis juga mendapatkan barang tersebut dari Jakarta. Namun ia harus bersiap jika ada barang yang tidak tersedia. Atau barang ada, tapi harga sudah naik.

Kalau ini terjadi, Calis bakal mensurvei harga terlebih dahulu ke para pesaing. Tujuannya adalah supaya tidak membanderol harga tidak terlalu mahal. "Survei harga penting," katanya.

Indah mengaku pihaknya tidak berpromosi untuk mendapatkan konsumen langsung, termasuk lewat media sosial. Konsumen justru datang sendiri. Kemungkinan soal harga yang miring karena banyak yang mengecek harga juga.

(Bersambung)

Reporter Venny Suryanto Editor Johana K.

0

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=mWwjkqwG2KA]

  1. Pemerintah kecele, harga Sukhoi kemahalan
  2. Jangan ketinggalan, lelang barang sitaan koruptor
  3. Suap uber bikin malu Polri
  4. Hui Ka Yan rebut gelar orang terkaya se-Asia
  5. Private placement, ENRG tukar utang Rp 410 miliar
  1. Selain HP, sepeda juga harus dilaporkan di SPT
  2. Pansus DPR tuduh ketua KPK terindikasi korupsi
  3. Begini cara Pajak hitung harta tersembunyi
  4. Bola panas biaya top up uang elektronik di BI
  5. Faisal Basri: Indonesia ibarat posisi bertahan

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG