Bulu selembut kapas, cuan ayam kapas tebal

PELUANG USAHA / AGRIBISNIS Bulu selembut kapas, cuan ayam kapas tebal Minggu, 19 November 2017 / 09:05 WIB Bulu selembut kapas, cuan ayam kapas tebal

KONTAN.CO.ID – Berwarna putih, tebal dan lembut bak kapas membuat ayam kapas populer dikalangan penggemar ayam. Ayam ini pun banyak dipelihara sebagai ayam hias.

Mulyono, peternak asal Magelang, Jawa Tengah mengatakan, ayam kapas mulai naik daun sejak tiga tahun lalu. Meski sudah cukup lama eksis, peminatnya tetap banyak hingga kini.

Dalam sebulan, Mulyono bisa mengirimkan sekitar 100-200 ekor ayam kapas. Konsumennya datang dari berbagai wilayah, mulai dari kota-kota di Pulau Jawa, Sumatra dan sebagain daerah di Kalimantan.

Pengirimannya, dia menggunakan jasa pengiriman khusus hewan. Kalau yang dekat atau di Pulau Jawa pengiriman bisa lewat travel, kereta api dan bus. Sedangkan untuk luar Pulau Jawa, Mulyono memakai kargo pesawat. Begitu sampai, ayam sebaiknya segera diberi vitamin untuk memulihkan stamina yang habis selama masa perjalanan.

Harga ayam kapas lumayan mahal. Induk ayam per pasang bisa mencapai Rp 450.000-Rp 500.000. Sedangkan, anak ayam dijual Rp 50.000 per ekor. "Saat ini sudah banyak yang mulai beternak juga," katanya pada KONTAN, Senin (13/11).

Mulyono pun memperkirakan potensi ayam hias ini masih besar. Sebab, di pulau lainnya, seperti Sumatra dan Kalimantan, ayam kapas baru dikenal dan mulai booming.

Asal tahu saja, Mulyono telah menjalani pekerjaannya sebagai peternak sejak kecil dengan membantu sang ayah. Kini, dia telah mengurus seluruh usaha peternakannya tersebut.

Muhammad Akbar, peternak ayam asal Palembang, Sumatera Barat mengamini, permintaan ayam kapas di wilayah Sumatera cukup besar. "Ayam kapas cukup banyak dicari, terutama yang berwarna putih," kata dia. Selain putih, varian warna ayam kapas adalah cokelat.

Dalam sebulan, Akbar mampu menjual sekitar lima hingga sepuluh pasang ayam. Konsumennya pun banyak yang berasal dari luar Palembang seperti, Bengkulu, Jambi, dan Kalimantan. Untuk pengirimannya pun sama dengan lainnya menggunakan pengiriman khusus hewan.

Dia memberi harga ayam kapas cukup bervariasi, tergantung dengan kondisi ayam. Untuk kualitas wahid dengan ciri bulu halus, mengkilat, kaki ditumbuhi bulu, dan terdapat lima jari kaki harganya dibandrol sekitar Rp 250.000 per pasang. Sedangkan, untuk yang biasa sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per pasang. Dia mengatakan, kebanyakan konsumennya selalu membeli ayam jantan dan betina.

Sekedar info, saat ini ada dua ekor jantan dan enam betina, serta tiga pasang anakan yang siap dijual. Dia mulai menggeluti usahanya ini mulai tiga tahun lalu.

Selanjutnya Halaman 1 2 Reporter Tri Sulistiowati Editor Johana K.

PETERNAKAN

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=Z76KqbJTbOs]

  1. Pintu ampunan pajak dibuka lagi
  2. 5 Mobil anti peluru termahal di dunia
  3. Matahari kembali menutup dua gerai
  4. Geger! Pilot AS menggambar alat vital di langit
  5. Setnov pakai infus bayi, pengacara: Dia kan bayi!
  1. PLN siap tanggung biaya ganti MCB
  2. Fahri: Saya tidak percaya, kita semua sudah gila
  3. Tarif tol ruas Cikupa-Merak naik per 21 November
  4. Terbukti monopoli di Medan, PGN didenda Rp 9,92 M
  5. Jasa Marga kebut pembangunan Tol Manado-Bitung

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG