Cantik & pintar, Burung Macaw jadi incaran

PELUANG USAHA / AGRIBISNIS Cantik & pintar, Burung Macaw jadi incaran Sabtu, 16 September 2017 / 08:00 WIB Cantik & pintar, Burung Macaw jadi incaran

KONTAN.CO.ID – Macaw adalah salah satu burung yang banyak dipelihara sebagai burung peliharaan. Namun, burung yang memiliki ukuran besar ini tak dinikmati dari kicauannya. Macaw dipelihara sebagai burung hias karena warna bulunya yang cantik.

Bukan saja keindahan warnanya, aksi Macau juga memikat. Burung ini memang memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi. Tak heran, beberapa pertunjukan memamerkan kepintaran Macaw. Mulai dari menirukan suara manusia, menari, berhitung dan lainnya. Burung ini juga bisa dilatih untuk terbang bebas dan kembali (free flight).

Ada banyak jenis burung Macaw. Bahkan, beberapa jenis diantaranya, termasuk burung yang terancam punah dan dilindungi. Salah satu yang legal untuk diperdagangkan dan dipelihara adalah Parrot Macaw. Belakangan, burung ini pun populer seiring dengan ajang free flight yang di adakan oleh para komunitas Parrot Macaw.

Bambang Ratno Saputro pemilik Bamsbreeder mengamini hal tersebut. Banyak orang yang tadinya bukan pehobi Macaw ikut memelihara hewan berparuh bengkok ini. "Saya rasa potensinya kedepan masih bagus karena masih akan banyak yang mencarinya," kata dia.

Bambang baru dua tahun menekuni budidaya Macaw. Awalnya dia hanya pehobi burung, termasuk melakukan jual-beli burung. Saat ini dia baru mempunyai empat pasang indukan Macaw yang dia beli dari sesama teman di komunitas.

Harga burung ini cukup tinggi. Mulai Rp 10 juta-Rp 15 juta per ekor. Bambang bilang, pembeli Macaw datang dari berbagai kota.

Pemain lainnya adalah Nadia Pingkan. Ia membudidayakan Macaw di Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Sejak tahun 2012,

Nadia mulai menjual Macaw, mulai dari jenis Blue dan Gold macaw, Green Wing Macaw, Son Conure, Scarlet Macaw dan Harlequin Macaw.

Nadia mengatakan, burung ini sangat mengundang peminat bila perpaduan warnanya cantik, unik, dan pintar. Namun, yang pintar sangat jarang ditemukan di Indonesia.

Sesuai dengan jenisnya, harga Macaw beragam. Ambil contoh, Blue dan Gold Macaw harganya Rp 35 juta. Green Wing Macaw seharga Rp 60 juta dan Scarlet Macaw seharga Rp 90 juta.

Tiap bulan, ada dua anakan Macaw yang Nadia jual. Sekali bertelur, Macaw akan mengeluarkan satu hingga empat butir telur. Namun, umumnya Macaw bertelur dua butir saja.

Namun tak semua anakan Macaw dapat dijual begitu saja. Menurut Nadia, burung Macaw yang dia jual harus mencapai umur setengah bulan untuk anakannya. Kalau yang biasa atau dewasa bisanya akan dia jual saat sudah berumur 1-2 tahun.

Selanjutnya Halaman 1 2 Reporter Tri Sulistiowati, Venny Suryanto Editor Johana K.

AGRIBISNIS

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=NlBJJUu7JsQ]

  1. Sudah tahu belum, HP harus dimasukkan ke SPT?
  2. Selain HP, sepeda juga harus dilaporkan di SPT
  3. Tutup 2 gerai, Matahari Dept Store obral besar
  4. Korsel menembakkan dua misil ke arah Korut
  5. Duit nasabah premium Bank Mandiri tembus Rp 169 T
  1. Negara tak ganti kerugian nasabah First Travel
  2. DPR soroti langkah Menteri KLH soal reklamasi
  3. Kata Apindo soal pencabutan moratorium reklamasi
  4. Ini empat modus baru investasi bodong temuan OJK
  5. Pesan Kemenko PMK untuk Ekspedisi NKRI 2017

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG