Cara buat homestay berstandar global

PELUANG USAHA / INDUSTRI KREATIF Cara buat homestay berstandar global Senin, 04 September 2017 / 22:52 WIB Cara buat homestay berstandar global

KONTAN.CO.ID – Salah satu upaya mendongkrak bisnis wisata adalah mengoptimalkan layanan hospitality. Salah satunya homestay yang ada di bilangan Pentingsari, Sleman, Yogyakarta.

Untuk itu sejumlah pengelola homestay bakal mengikuti workshop standardisasi layanan terkait online marketing, leadership, dan team building yang difasilitasi Bank Central Asia (BCA) belum lama ini. “Hal ini penting agar Pentingsari bisa menjadi wisata unggulan,” terang Ketua Pokdarwis Pentingsari dalam keterangan tertulis, Senin (4/9).

Dalam pelatihan tersebut, sebanyak 55 homestay di sana tengah ditingkatkan kemampuannya, terutama dari sisi layanan agar bisa punya standar internasional.

Selain pelatihan ada jga kegiatan lain. “Selama tiga bulan nanti ada tim yang menilai tanpa diketahui pengelola. Mereka akan menilai ada tidak peningkatan layanan usai workshop,” ujar Doto.

Hasil penilaian akan dibeber pada Desember mendatang. Penilaian meliputi beberapa aspek.Misalnya, pelayanan, kebersihan, kerapian sarana dan prasarana, serta makanan yang disajikan. “Jadi, penilaian tidak hanya fisiknya, tetapi juga pelayanannya. Bagaimana pengelola menghadapi tamu atau pemesan juga termasuk yang dinilai,” terang Doto.

Nanti BCA akan memberikan bantuan edukasi, pendampingan, dan evaluasi. Seperti bantuan alat kebersihan. Ada lagi dana pengembangan sebesar Rp 2,5 juta sampai Rp 10 juta.

Reporter Jane Aprilyani Editor Markus Sumartomjon

INDUSTRI KREATIF

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=8Joof_3Cqtg]

  1. IHSG berpeluang rebound, cek saham-saham ini
  2. Pasar berpeluang turun, simak saham-saham ini
  3. Gara-gara Korut, 3 safe haven ini kembali terbang
  4. Presiden Jokowi: Pengusaha tak usah bicara politik
  5. Datangi KPK, politisi PDI-P ini minta ditahan
  1. Golkar pastikan Jokowi menang mudah Pilpres 2019
  2. Pajak final UMKM turun menjadi 0,25%
  3. Emas bertengger di level tertinggi 9 bulan
  4. Peredaran kartu kredit kian susut
  5. Nasehat sepanjang masa Buffett yang layak disimak

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG