Generasi milenial jadi peluang buat pebisnis UMKM

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Generasi milenial jadi peluang buat pebisnis UMKM Senin, 15 Mei 2017 / 18:49 WIB Generasi milenial jadi peluang buat pebisnis UMKM

JAKARTA. Generasi Y atau belakangan lebih dikenal sebagai generasi millenial menjadi kelompok usia dengan potensi wirausaha dan potensi pasar yang sangat besar. Bila dikaitkan dengan bonus demografi bagi Indonesia, kehadiran generasi millennial itu menjadi bonus tersendiri bagi demografi Indonesia sekaligus peluang buat pelaku bisnis UMKM.

''Sembari menunggu 'matangnya' generasi millennial untuk masa depan bangsa, maka kini saatnya kalangan UMKM juga melihat generasi ini sebagai peluang sekaligus tantangan,'' kata William Henley, founder dan CEO Indosterling Group, Minggu (14/5).

William menjelaskan, peluang itu merujuk pada pengertian adanya pasar yang cerdas dan kritis. Menurut dia, generasi ini harusnya bisa direngkuh oleh para pelaku kalangan UMKM. Namun ia melihat generasi ini menyimpan pula tantangan.

''Di sini UMKM harus bisa menghasilkan produk dan layanan yang bertemu dengan minat dan keinginan generasi millennial. Di luar itu, UMKM bisa menyediakan diri sebagai lahan yang juga bisa dimanfaatkan kalangan millennial ini,'' ujarnya.

Dunia bisnis, termasuk UMKM, kata William, tentunya harus dapat memahami perlunya pendekatan tertentu kepada generasi dengan karakteristik unik. Generasi millennial ini, kata dia, lebih percaya pada User Generated Content (UGC) daripada informasi searah.

''Iklan atau informasi dari perusahaan besar bukan lagi pilihan utama, kalah oleh pengalaman pribadi dan hal subjektif-personal lainnya,'' katanya

Selanjutnya dalam perilaku pembelian produk, William mengatakan, generasi milenial ini lebih didasarkan pada penilaian dan pengalaman orang lain di internet. Karena cenderung subjektif-personal, kata dia, kalau kecewa mereka pun tak segan melontarkan kekecewaannya. Mengingat aktivitas yang internet-minded tersebut, maka tak aneh kalau keluhan dan kekecewaan, juga pujian akan menyebar melalui media yang terkoneksi dengan Internet.

''Mengingat ponsel menjadi 'teman abadi' mereka, maka strategi pemasaran dan penjualan pun tak bisa lepas dari 'teman abadi' generasi ini. Itu sebabnya, pemanfaat sumber-sumber informasi digital berbasis Internet menjadi sangat perlu diperhatikan,'' jelasnya.

William juga menambahkan, bahwa para pelaku bisnis UMKM harus secara aktif membuat pengenalan produk menjadi model alur penyampaiannya. Jika tadinya menjadi tugas bagian marketing untuk menghapal dan mensosialisasikan kepada konsumen, maka pola itu berubah.

Ia mengatakan, konsumen dari generasi milenial ini akan berperan sebagai bagian marketing sekaligus penasihat pembelian bagi dirinya. ''Product knowledge karena itu wajib tersedia di informasi digital berbasis Internet, selebihnya generasi inilah yang akan menimbang dan memutuskan,'' ujarnya.

Mengingat generasi ini suka membuat bersosilisasi melalui media sosial, William menyarankan agar pelaku bisnis UMKM bisa menjadikan mereka sebagai mitra penyebar produk atau duta produk melalui akun mereka di Twitter, Facebook, Line, dan media sosial lainnya. '

'Mobilitas menjadi ciri khas lain dari generasi ini. Untuk itu pesan-pesan visual jauh lebih mendominasi daripada pesan verbal yang ditulis dengan huruf berbaris panjang dan 'menyita waktu' mereka.''

Reporter Jane Aprilyani Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  1. Terdeteksi Ransomware versi 2
  2. 8 seri Windows yang rawan serangan ransomware
  3. Penjelasan simple serangan siber terdahsyat dunia
  4. Jika rating S&P tak naik, apa daya tarik RI?
  5. Perusahaan efek diingatkan antisipasi ransomware
  1. Advan G1 Sabet Predikat Produk Terlaris of The Week di Lazada dan Blibli.com
  2. Terdeteksi Ransomware versi 2
  3. Foto syukuran vonis Ahok, apa kata Prabowo?
  4. Suhu politik panas, WP menyesal repatriasi
  5. Siarkan iklan Perindo, TV milik MNC disemprit KPI

Feedback ↑ x Feedback ↓ x

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG