Kemperin kembangkan IKM di pesantren lewat 2 model

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Kemperin kembangkan IKM di pesantren lewat 2 model Senin, 09 Oktober 2017 / 15:18 WIB

KONTAN.CO.ID – LAMONGAN. Ditjen IKM Kementerian Perindustrian (Kemperin) memiliki dua model penumbuhan wirausaha industri baru dan pengembangan unit industri di pondok Pesantren. Dua model tersebut adalah Santri Berindustri dan Pesantren Berkreasi.

Program Santri Berindustri memperhatikan unit industri yang telah ada dan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pondok Pesantren yang terdiri dari santri dan alumni santri. Terdapat dua pendekatan, pertama Ditjen IKM akan memberikan fasilitas program untuk mengembangkan unit industri yang telah dimiliki pondok Pesantren maupun untuk menumbuhkan unit industri potensial.

BACA JUGA :

"Kedua Ditjen IKM akan memberikan fasilitas program untuk meningkatkan dan mengembangkan skill sumber daya manusia pondok Pesantren,” ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM), Gati Wibawaningsih kepada KONTAN melalui keterangan tertulis, Senin (9/10).

Oleh sebab itu, Ditjen IKM mengelar bimbingan teknis (bimtek) pengolahan ikan dan serah terima bantuan mesin atau peralatan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur. Ditjen IKM akan mendidik dan membina 20 orang santri terpilih untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan di bidang pengolahan ikan tersebut.

Bimtek dibuka dengan materi motivasi kewirausahaan, dilanjutkan dengan seminar pembukuan sederhana (Aplikasi Si Apik) dari Bank Indonesia Jawa Timur (Jatim). Selanjutnya pembekalan materi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Klinik HKI Ditjen IKM dan materi Desain Kemasan dan Merek dari Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Industri Makanan, Minuman (Mamin) dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim. Bimtek dilanjutkan hari berikutnya dengan materi pelatihan pengolahan ikan dari UPT Mamin dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim.

Reporter Maizal Walfajri Editor Rizki Caturini

KEWIRAUSAHAAN

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=E4Y-jxDz90M]

  1. Pengamat: Surat edaran Ditjen Pajak tak manusiawi
  2. Sempat tiada, Ford segera meluncur di 2018
  3. Iwan Bogananta juga tertarik merek Nyonya Meneer
  4. Memilah saham likuid yang murah
  5. Ini jawaban PPATK soal kasus aliran dana Stanchart
  1. Kadin minta Jokowi revisi aturan pesangon
  2. Hari ini, Menteri Siti cabut sanksi amdal Pulau G
  3. Luhut dan Siti beri lampu hijau reklamasi Pulau G
  4. Berkat saham PADI, Setiawan untung Rp 1,9 triliun
  5. Pengamat: Langkah jual BUMN tak tepat

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG