Maybank luncurkan platform fintech Sandbox

PELUANG USAHA / START UP Maybank luncurkan platform fintech Sandbox Jumat, 09 Juni 2017 / 17:05 WIB Maybank luncurkan platform fintech Sandbox

JAKARTA. Maybank meluncurkan regional platform sandbox fintech kolaboratif. Tujuannya untuk memberikan kesempatan bagi pemilik usaha rintisan atau bisnis startup dan para inovator untuk mengembangkan serta menguji berbagai ide baru.

Maybank Sandbox merupakan ekosistem FinTech lengkap yang menyediakan semua komponen penting secara gratis. Hal itu demi mempercepat pertumbuhan para pengembang financial technology (fintech) di seluruh regional.

Group President and CEO Maybank Datuk Abdul Farid Bin Alias mengatakan, industri fintech di ASEAN memiliki banyak potensi dan talenta. Maka dengan Maybank Sandbox, dapat mengisi kesenjangan dengan menyediakan sarana dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan para pemilik pelaku fintech di ASEAN.

“Kemajuan teknologi dan digital dunia saat ini telah mengubah industri, mendorong pertumbuhan dan memperkaya kehidupan. Dalam bidang keuangan, hal ini dilakukan para wirausaha, start up dan pendukung yang dikenal luas sebagai FinTechs," ujar Datuk Abdul dalam keterangan belum lama ini.

Farid mengatakan, meskipun banyak negara ASEAN melakukan investasi dalam mengembangkan dan membesarkan FinTech, pertumbuhannya masih lebih lambat jika dibandingkan dengan pusat FinTech yang telah mapan, seperti Amerika Serikat dan Eropa.

“Memiliki ide yang hebat saja tidak cukup untuk menjual sebuah produk. FinTechs harus dapat mengembangkan Minimum Viable Product (MVP) untuk menarik investasi dan pendanaan yang tepat. Pada fase inilah, FinTech banyak mengalami tantangan pada kemampuan untuk mengubah ide menjadi MVP yang berhasil," katanya.
Sementara, Maybank Group Chief Technology Officer Mohd Suhail Amar Suresh menambahkan, Maybank Sandbox mengisi kesenjangan tersebut dengan menyediakan environment, prasarana, simulasi data, API dan kemampuan untuk menjangkau talenta dalam lingkungan yang aman dan terlindungi.

“Yang Maybank tawarkan adalah sebuah platform untuk start up, perusahaan-perusahaan FinTech dan pihak manapun yang ingin berkolaborasi, bereksperimen, mengeluarkan dan menghasilkan berbagai gagasan atau solusi inovatif yang mungkin mereka miliki,” jelasnya.

Reporter Jane Aprilyani Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  1. Inilah enam anggota DK OJK 2017-2022 terpilih
  2. Resmi dijual, inilah nasib akhir Yahoo
  3. Sah, Wimboh Santoso jadi Ketua DK OJK
  4. Jumlah investor pasar modal tembus 1 juta
  5. Harga batubara terbang tinggi
  1. Saldo Rp 200 juta wajib dilaporkan secara otomatis
  2. Direvisi, saldo minimal wajib lapor jadi Rp 1 M
  3. Janji Nurhaida jika terpilih kembali jadi DK OJK
  4. Bankir antisipasi wajib lapor simpanan Rp 200 juta
  5. Analis: Beli saham IPO Integra Indocabinet

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG