Melirik mangga golek india jumbo nan legit

PELUANG USAHA / AGRIBISNIS Melirik mangga golek india jumbo nan legit Sabtu, 09 Desember 2017 / 09:30 WIB Melirik mangga golek india jumbo nan legit

KONTAN.CO.ID – Mempunyai ukuran jumbo dengan berat 1,5 kilogram (kg) per buah plus biji yang tipis, mangga golek india terlihat istimewa. Apalagi, rasanya tak kalah manis dengan mangga jenis lainnya. Tak heran, banyak orang memburu pohon mangga golek india.

William Soejokto, pembudidaya tanaman asal Jakarta pun mengamini hal tersebut. Dia bilang, banyak pehobi tanaman yang mencari bibit mangga ini untuk mengisi halaman depan atau belakang rumah dan mengkonsumsi buahnya. Kebanyakan buah mangga ini dibuat dalam versi tanaman dalam pot alias tabulampot. Buah bisa mencapai ukuran jumbo dan cepatnya pohon menghasilkan buah menjadi daya tariknya. Asal tahu saja, tanaman ini sudah berbuah sekitar 1,5-2 tahun. Saat ini, William mempunyai sekitar 10 indukan dan sekitar 1.000 bibit mangga golek india. Ia mengembangkan mangga ini di pusat penangkaran tanamannya di Karawang, Jawa Barat. Dalam sebulan, ada ratusan bibit mangga yang dikirimkan ke sejumlah wilayah di Jawa dan Sumatra. William menjual bibit mangga ini mulai Rp 35.000 untuk tanaman dalam polybag berukuran 25 centimeter (cm) dan Rp 50.000 untuk ukuran 50 cm. Setiap pengiriman ke luar kota, William menggunakan paket khusus tanaman. Pembudidaya lainnya adalah Hasan Mustofa asal Majalengka, Jawa Barat. Menurutnya, potensi penjualan bibit mangga golek india ini cukup baik, seiring makin banyaknya penjual buah ini. "Di Pulau Jawa, tanaman ini sudah banyak dibibitkan sejak dua tahun lalu," katanya pada KONTAN, Senin (27/11). Sepanjang tahun 2017 ini, dia sudah menyiapkan ratusan bibit mangga golek india. Lantaran lahan miliknya terbatas, Hasan pun menjalin kerjasama dengan petani di wilayah Cirebon, Jawa Barat untuk memenuhi permintaan konsumen. Hasan menggunakan sistem bagi hasil. Ia membagikan bibit, sementara para petani menanggung biaya perawatan. Tidak jauh berbeda dari William, Hasan membanderol bibit mangga golek india ini mulai Rp 35.000 untuk ukuran 50 cm. Sayangnya, dia enggan menjelaskan total penjualannya saban bulan. Konsumennya pun kebanyakan berasal dari wilayah Jabodetabek. Untuk pengiriman di wilayah tersebut dilakukan secara langsung sekali dalam seminggu. Tapi, untuk konsumen di luar kota-kota tersebut, dia menggunakan pengiriman barang melalui udara, laut dan darat. Hasan mengatakan bila masih belum banyak orang yang mengetahui jenis serta keunggulan dari tanaman ini. Mereka yang membeli bibit darinya kebanyakan digunakan untuk tanaman hias dibelakang rumah.
Selanjutnya Halaman 1 2 3 Reporter Tri Sulistiowati Editor Johana K.

0

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=FQcw1hdOc7A]

  1. Kenali penyakit difteri, gejala dan pencegahannya
  2. Otto&Fredrich mundur bela Setnov, ini kata Maqdir
  3. Fredrich Yunadi juga mundur membela Setya Novanto
  4. Indonesia ingin kutip bea masuk intangible goods
  5. Berburu saham pembagi dividen, cermati hal ini
  1. Bank Indonesia larang bitcoin mulai 2018
  2. Anies tarik raperda dasar hukum Reklamasi Jakarta
  3. Kerugian investasi ilegal capai Rp 100 T
  4. Eh, ada yang menyediakan modal usaha
  5. Upaya selamatkan jaminan kesehatan (1)

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG