Menangkap peluang kemitraan Sosis Bakar Macan

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Menangkap peluang kemitraan Sosis Bakar Macan Sabtu, 29 April 2017 / 19:52 WIB

JAKARTA. Sosis kian akrab menjadi camilan sehari-hari. Tak heran, peluang usahanya pun bermunculan. Salah satunya Rama Pramuditha yang mendirikan Sosis Bakar Macan di Tangerang akhir tahun 2016.

Setelah enam bulan berjalan, Februari lalu Rama menawarkan kemitraan gerainya. Kini, sudah ada enam gerai mitra di Tangerang dan Karawang. Rama sendiri membuka enam gerai pusat.

Ada tiga paket kemitraan Sosis Bakar Macan. Mulai dari paket senilai Rp 3,5 juta, Rp Rp 4 juta dan Rp 5 juta. Untuk ketiga paket itu, mitra akan mendapat booth, peralatan usaha, bahan baku (enam varian sosis, bumbu mayones dan saus) serta pelatihan karyawan. Perbedaan terletak pada ukuran booth, kelengkapan peralatan dan jumlah bahan baku.

Kerjasama kemitraan berlangsung setahun. Setelah itu, mitra hanya wajib memasok bubuk sosis ke pusat. Mitra tidak dikutip biaya royalti ataupun franchise fee lagi.

Sosis Bakar Macan menyediakan pilihan sosis berisi ayam, sapi, tahu, kepiting, ikan, bakso dan cumi. Harganya Rp 2.000 hingga Rp 10.000 per tusuk.

Mitra ditargetkan menjual 300-400 tusuk per hari, sehingga bisa meraup omzet sekitar Rp 18 juta per bulan. Dengan nilai omzet ini, diperkirakan mitra bisa mengantongi laba Rp 3 juta-Rp 4 juta per bulan. Prediksi balik modal dua hingga tiga bulan.

Menurut Rama, kelebihan dari Sosis Bakar Macan terletak pada modal yang terjangkau. Alhasil, bisa dijalankan oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu, "Ada banyak varian menu dan keuntungan sepenuhnya bisa dikantongi mitra," ujarnya.

Supaya balik modal sesuai target, Rama menyarankan mitra untuk mengambil lokasi gerai di dekat pasar atau sekolah. Ruang usaha ini memerlukan ruang dengan luas 3×3 m2 dengan bantuan dua karyawan. Tahun 2017, Rama menargetkan untuk menggandeng 10 mitra lagi.

Reporter Jane Aprilyani Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  1. Ketua F-PKS: Sikap Fahri Hamzah tak mewakili PKS
  2. Prediksi arah IHSG awal Mei
  3. Garuda Indonesia merugi US$ 99,1 juta kuartal I
  4. Tarif internet Telkomsel dan operator lain mahal?
  5. 9 Perusahaan BUMN masuk Holding Perbankan
  1. Diminta lanjutkan reklamasi, ini kata Sandiaga
  2. Simulasi cicilan per bulan DP 0% dari KPR syariah
  3. Kalijodo dikuasai preman, mesin parkir raib
  4. Tarif internet Telkomsel dan operator lain mahal?
  5. Panglima TNI: Kabar kudeta Allan Nairn isu kecil

Feedback ↑ x Feedback ↓ x

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG