Mencicip cuan aneka rasa Bubur Qu

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Mencicip cuan aneka rasa Bubur Qu Selasa, 13 Juni 2017 / 16:40 WIB Mencicip cuan aneka rasa Bubur Qu

JAKARTA. Untuk mengusir kebosanan makan nasi, seringkali kita mengolah varian lain dari beras, yakni menjadi bubur. Sajian ini pun digemari, lantaran bubur tak membuat kenyang tapi tetap nikmat karena rasanya gurih. Apalagi bila ditemani lauk dan sayur saat menyantapnya.

Melihat besarnya peluang usaha ini, M Suci Mardiko mulai menjajal peruntungannya dengan membuka Bubur Qu tahun 2006 lalu di Pasuruan, Jawa Timur. Setahun kemudian, laki-laki yang lebih akrab disapa Koko ini mulai membuka kerjasama kemitraan. Saat ini sudah ada 70 mitra yang bergabung dengan lokasi persebaran di Makassar, Jambi, Palembang, Bali, Kupang, Jawa Timur, dan wilayah lainnya.

Koko mengklaim, kelebihan produknya adalah citarasa gurih yang ada di bubur, topping, sampai dengan kuahnya. " Kami menjual aneka bubur. sehingga pelanggan bisa bernostalgia dengan makanan daerahnya," katanya.

Bubur Qu menyajikan 10 menu bubur. Diantaranya, bubur ayam spesial, bubur ayam sukabumi, bubur manggul seafood madura, bubur kampiun padang dan bubur manado. Koko menjual mulai Rp 12.000-Rp 17.000 per porsi untuk wilayah Jabodetabek dan Rp 11.000-Rp 15.000 per porsi untuk wilayah Jawa Timur.

Kreatif pilih topping

Bubur Qu menawarkan tiga paket kemitraan. Pertama, paket minibooth senilai Rp 49,5 juta. Fasilitasnya, satu unit booth, perlengkapan memasak, bahan baku awal, branding dan perlengkapan tambahan lainnya.

Kedua, paket premium booth senilai Rp 80 juta. Fasilitas yang didapatkan sama, hanya model booth berbeda dan juga mitra bisa menjual menu tambahan yaitu aneka kopi.

Perlu dicatat, manajemen mengenakan royalty fee sebesar 5% dari omzet untuk kedua paket kemitraan ini. Agar kualitas dan rasa tidak berubah, mitra pun wajib membeli bahan baku utama dari pusat seperti bumbu bubur, kuah, sampai aneka topping yang siap dikirim dalam bentuk frozen.

Ketiga, paket kafe dan resto dengan modal awal sebesar Rp 200 juta. Khusus paket ini, mitra bisa menjual berbagai menu lainnya selain bubur, yakni aneka mie, kopi dan lainnya.

Pada model kafe dan resto, Koko menerapkan sistem full operation dengan sistem bagi hasil 50% untuk mitra dan 50% untuk tim manajemen. Pilihan konsep ini supaya usaha mitra tak berhenti di tengah jalan. Ada 60 menu dalam paket ini. Mitra pun harus menyiapkan lokasi seluas 80 m2.

Berdasarkan perhitungannya, mitra membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua tahun untuk balik modal. Asal bisa mengantongi omzet Rp 2,7 juta-Rp 5 juta tiap hari.

Koko mengaku usaha ini masih menarik dan mudah untuk dipasarkan karena produknya sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Lainnya, persaingannya pun masih belum ketat.

Pengamat usaha Djoko Kurniawan mengatakan, kuliner bubur memang bisa diangkat dalam konsep resto. Namun, manajemen harus kreatif memilih topping, seperti ayam lada hitam atau lainnya.

Mengingat, bubur identik dengan makanan orang tua maka harus dibuat menarik agar pasar konsumennya lebih luas sampai ke anak muda. Tujuannya, agar target omzet makin mudah terpenuhi.

Bubur Qu Jl. Azalea No. 16-17 Perum Gading Permai Pasuruan, Jawa Timur HP. 081217548179

Reporter Tri Sulistiowati Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  1. Petinggi dream for freedom dituntut 8 tahun
  2. Pemerintah akan revisi UU BPK
  3. PNM terbitkan MTN senilai Rp 100 miliar
  4. Gali lubang tutup lubang untuk APBN 2018
  5. Bank Mandiri dirikan bisnis di tiga negara
  1. UMKM siap cegah Pajak buka rekening nasabah
  2. Direvisi, saldo minimal wajib lapor jadi Rp 1 M
  3. Kirim SMS ke Kejagung, Polisi periksa Hary Tanoe
  4. Janji Nurhaida jika terpilih kembali jadi DK OJK
  5. Polisi: Surat perintah pengamanan Rizieq, hoaks!

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG