Meneguk kesegaran bisnis susu Milk Good

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Meneguk kesegaran bisnis susu Milk Good Selasa, 04 Juli 2017 / 17:28 WIB

JAKARTA. Meski pemain bisnis susu segar sudah tak terhitung, tak mengurungkan munculnya pebisnis baru. Kian banyaknya konsumen yang mulai memilih konsumsi minuman sehat memang mendorong gairah bisnis ini.

Salah satunya adalah Wahyu Hadi Saputro. Ingin mencuil manisnya bisnis susu segar, dia mendirikan gerai Milk Good awal tahun 2017 silam. Gerai pertamanya berada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Laki-laki yang lebih akrab disapa Wahyu ini mengaku tertarik karena melimpahnya produksi susu di sekitar lingkungannya. "Susunya saya ambil dari koperasi di sekitar sini," katanya pada KONTAN, Kamis (15/6).

Tidak seperti pemain lainnya, dia langsung membuka peluang kerjasama. Alasannya, dia sudah berpengalaman membuka bisnis kemitraan. Sampai sekarang sudah ada empat mitra yang bergabung, lokasinya pun masih disekitaran Banyuwangi.

Menyasar konsumen menengah kebawah, dia membanderol harga segelas susu mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 8.000. Wahyu meracik 15 varian Milk Good, diantaranya, coklat, vanilla, green tea dan original.

Kemitraan gerai Milk Good bernilai Rp 5 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra antara lain, satu unit booth, pendingin, bubuk perasa minuman, perlengkapan berjualan, branding, pelatihan, dan perlengkapan tambahan lainnya.

Wahyu menambahkan, khusus untuk mitra yang lokasinya cukup jauh dari gerai pusat dapat mengambil susu segar dari sekitar daerahnya. Alasannya, agar kondisi susu tetap segar.

Meski begitu, dia akan membantu memilih koperasi susu yag menyediakan susu berkualitas bagus. Sedangkan, untuk kemasan dan bubuk perasa harus dibeli dari pusat.

Berdasarkan perhitungannya, waktu balik modal mitra hanya dua sampai tiga bulan. Dengan catatan, dalam sehari dapat mengantongi omzet sekitar Rp 300.000. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi keuntungan bersih yang didapatkan mitra masih sekitar 40%-50%.

Untuk meraih target penjualan yang cukup tinggi, Wahyu banyak menggunakan media sosial seperti Instagram. Namun, tahun ini, laki-laki asal Banyuwangi ini tidak memasang target untuk penambahan mitra baru. Alasannya, dia ingin memaksimalkan usaha yang berjalan saat ini.

Reporter Tri Sulistiowati Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  1. Hary Tanoe diperiksa sebagai tersangka hari ini
  2. ROTI catatkan penurunan laba 67%
  3. Kasus e-KTP, Ganjar Pranowo kembali diperiksa KPK
  4. Hary Tanoe tak hadiri panggilan Bareskrim
  5. Politikus AS prediksi kejatuhan bursa saham
  1. GNPF temui Jokowi, Polisi tetap usut kasus Rizieq
  2. ROTI catatkan penurunan laba 67%
  3. Mendadak, Jokowi temui GNPF-MUI
  4. Sandiaga Uno siap tampung ide AHY untuk Jakarta
  5. Kejagung: Hary Tanoe sudah jadi tersangka

Feedback ↑ x Feedback ↓ x

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG