Menyusun duit dari mahar cantik uang koin

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Menyusun duit dari mahar cantik uang koin Rabu, 27 September 2017 / 22:38 WIB Menyusun duit dari mahar cantik uang koin

KONTAN.CO.ID – Memiliki mahar yang indah dan berkesan menjadi impian setiap calon pengantin. Oleh karena itu, calon pengantin akan memesan mahar dengan desain menarik dan punya arti yang bisa dikenang sepanjang perjalanan pernikahan.

Salah satu, kreasi yang kini sedang populer adalah mahar koin. Menurut Esyanto Kurniawan, desainer mahar dari Galeri Seserahan asal Yogyakarta, model mahar ini sejatinya sudah ada sejak 2014, namun kini kembali booming. Sebab, "Model ini dianggap lebih eksklusif serta terlihat lebih mewah," ujar Epi, sapaan Esyanto.

Pesanan pun terus berdatangan. Dalam sebulan, Epi bisa mengerjakan hingga 40 mahar koin. Bahkan, saat musim hajatan, pesanan bisa meningkat hingga 60 bingkai.

Desain mahar yang dibentuk dengan koin biasanya berupa gambar siluet kedua pengantin. Selain itu, ada juga desain empat dimensi Masjidil Haram dan Taj Mahal. Dua ikon masjid tersebut banyak dipesan karena dianggap mempunyai arti yang indah dan relevan. Biaya pembuatan mahar ini berkisar antara Rp 600.000-Rp 3 juta.

Proses pembuatan mahar membutuhkan waktu sekitar dua hingga tujuh hari. Epi pun menyarankan, agar calon pengantin memesan jauh-jauh hari agar hasil bisa maksimal. Meski workshop ada di Yogyakarta, konsumen Epi datang dari berbagai daerah di Indonesia. "Kami berkomunikasi lewat chatting," ujarnya.

Bagi Epi, pekerjaan merangkai mahar ini menantang dan tak membosankan. Ia merintis bisnis mahar sejak 2008, setelah belajar ketrampilan ini selama sebulan. Namun, sampai kini dia mengaku masih terus belajar untuk mengembangkan desain produknya.

Perajin mahar lainnya adalah Fransisca Ernawaty, pemilik Bella Souvenir asal Bekasi, Jawa Barat. Menurutnya, bentuk mahar yang disukai pasangan adalah logo perusahaan tempat bekerja si calon pengantin, inisial nama pengantin, siluet wajah, atau hobi keduanya. Sebelumnya, model yang cukup populer adalah desain masjid, perahu, bentuk hati, merpati, dan kupu-kupu.

Biaya pembuatan mahar ini Rp 425.000 per set mahar tanpa bingkai. Untuk konsumen yang ada di luar kota, bakal dikenakan tambahan ongkos kirim. Fransisca bilang, tiap hari selalu ada pesanan mahar.

Ia menawarkan mahar lewat berbagai aplikasi media sosial. Alhasil, pemesan datang dari berbagai daerah. Berpusat di Jakarta, Bella Souvenir mengirim kreasi mahal ke Medan, Bandung, Purwokerto, Ternate, Madura dan Sulawesi.

Fransisca mengawali usaha pembuatan mahar ini sejak 2010. "Kebetulan saya suka berkreasi dengan ketrampilan tangan. Kemudian ada tetangga yang minta dibuatkan hiasan mahar dan seserahan untuk anaknya," katanya. Selain membuat mahar pernikahan, Bella Souvenir juga menerima jasa untuk mendesain barang-barang seserahan.

Selanjutnya Halaman 1 2 Reporter Tri Sulistiowati, Venny Suryanto Editor Johana K.

PELUANG USAHA

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=TDRHQ2B_E0I]

  1. Aturan baru pajak ini potensi timbulkan dispute
  2. Ancaman bagi perusahaan yang langgar aturan upah
  3. Akhirnya, PADI caplok Muamalat Rp 4,5 triliun
  4. Menko Luhut mengkritik BUMN
  5. Waktu keluarnya PP 36 dinilai kurang tepat
  1. Pansus DPR tuduh ketua KPK terindikasi korupsi
  2. Pemerintah kecele, harga Sukhoi kemahalan
  3. Menko Luhut usul ke Jokowi untuk menjual BUMN
  4. Pemerintah buka peluang cabut sanksi Pulau G
  5. Chatib Basri: 5,1 juta pekerjaan akan hilang

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG