Minat jadi PNS tinggi, bimbel tes CPNS jadi buruan

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Minat jadi PNS tinggi, bimbel tes CPNS jadi buruan Jumat, 22 September 2017 / 09:10 WIB Minat jadi PNS tinggi, bimbel tes CPNS jadi buruan

KONTAN.CO.ID – Setelah dua tahun vakum, akhirnya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dibuka. Hasrat dan impian sejumlah orang untuk jadi PNS ternyata menggairahkan bisnis bimbingan belajar (bimbel). Mereka mengemas paket dan tawaran menarik khusus untuk CPNS ini.

Salah satunya, Bimbel Akses CPNS di Kramat Raya, Jakarta Pusat. Ada tiga paket yang disiapkannya. “Kami ada paket kelas reguler, privat dan in house training sesuai permintaan di beberapa kementerian,” terang Catur Widi, Staf Pemasaran Akses CPNS.

Paket kelas reguler dibanderol Rp 3,2 juta per orang untuk 24 kali pertemuan. Sedangkan, tarif kelas privat Rp 500.000–Rp 600.000 tiap sesi berdurasi 2,5 jam.

Dan, paket in house training biayanya Rp 1,5 juta per pertemuan. Paket ini adalah paket khusus untuk melayani pegawai kementerian atau lembaga yang ingin meningkatkan status kepegawaiannya, dengan jumlah peserta berkisar 10–15 orang.

Kelas reguler maksimal diisi oleh 25 peserta dan kelas biasanya dibuka per gelombang. Untuk gelombang terakhir ini, sudah ada sembilan kelas dengan 25 peserta di tiap kelas.

Catur mengaku sejak dibukanya moratorium CPNS 2017 ini, peminat bimbel Akses CPNS makin meningkat. Jika masa biasa Akses hanya bisa membuka dua hingga empat kelas per gelombang, saat ini bisa sampai sembilan kelas.

Permintaan privat juga makin banyak. "Bimbel ini sudah buka sejak 2013. Peminatnya terus meningkat, bahkan tahun ini lebih banyak dari 2013 lalu,” jelas Catur.

Hal serupa dilontarkan juga oleh Yuna Ria, pemilik Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Uno Education asal Surabaya. Tahun ini, ia membuka kelas bimbel khusus CPNS karena banyak permintaan. “Awalnya, kami ada bimbel CPNS tapi hanya kelas privat,” terang Yuna. Sebelumnya, LBB Uno Education hanya menawarkan les privat untuk siswa SD, SMP, dan SMA saja.

Paket kelas reguler CPNS dibanderol Rp 1,5 juta per orang untuk 10 kali pertemuan berdurasi 1,5 jam. Sedangkan untuk les privat dibanderol Rp 2,5 juta per orang untuk 10 kali pertemuan. “Satu kelas maksimal isinya 10 orang. Jadi dulu karena yang minta les privat dan kelompok makin banyak, mereka akhirnya minta buka kelas saja,” ujar Yuna.

Meski baru saja membuka kelas reguler CPNS di tahun ini, LBB Uno Education sudah menyelesaikan tiga gelombang. Dan saat ini sedang berjalan gelombang empat. Satu gelombang lamanya sekitar seminggu. “Karena bimbelnya ini intensif, jadi materi satu hari bisa untuk dua sampai tiga pertemuan,” terang Yuna.

Peserta bimbel dari Akses CPNS maupun LBB Uno Education sebagian besar adalah para pekerja. Ada juga yang baru saja lulus kuliah, tapi tidak terlalu banyak. Maka dari itu, jadwal bimbingan belajarnya juga lebih fleksibel.

Selanjutnya Halaman 1 2 Reporter Elisabeth Adventa Editor Johana K.

PELUANG USAHA

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=mWwjkqwG2KA]

  1. Pemerintah kecele, harga Sukhoi kemahalan
  2. Jangan ketinggalan, lelang barang sitaan koruptor
  3. Suap uber bikin malu Polri
  4. Hui Ka Yan rebut gelar orang terkaya se-Asia
  5. Private placement, ENRG tukar utang Rp 410 miliar
  1. Selain HP, sepeda juga harus dilaporkan di SPT
  2. Pansus DPR tuduh ketua KPK terindikasi korupsi
  3. Begini cara Pajak hitung harta tersembunyi
  4. Bola panas biaya top up uang elektronik di BI
  5. Faisal Basri: Indonesia ibarat posisi bertahan

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG