Nongkrongin fulus dari foodtruck

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Nongkrongin fulus dari foodtruck Minggu, 14 Januari 2018 / 12:05 WIB Nongkrongin fulus dari foodtruck

KONTAN.CO.ID – Tempat nongkrong dengan konsep foodtruck kian jadi pilihan para pengusaha kuliner. Seperti Okki Indiyanto yang mengembangkan tempat nongkrong berkonsep foodtruck Go Eat n Drink.

Berdiri Oktober 2017 lalu, dia langsung menawarkan kemitraan. Bahkan, ada satu kawasan khusus yang digunakan untuk foodtruck.

Saat ini, Okki juga tengah mempersiapkan dua gerai barunya di Bandung dan Bekasi. Rencananya, dua gerai tersebut akan beroperasi Januari 2018.

Ada dua paket kemitraan yang ditawarkan, yakni paket medium Rp 45 juta dan paket premium Rp 55 juta. Dengan modal tersebut, mitra akan mendapatkan fasilitas franchise fee, kerjasama brand seumur hidup, renovasi interior, peralatan usaha, perlengkapan usaha, resep, pelatihan karyawan dan bahan baku awal. Okki menjelaskan, perbedaan di kedua paket hanya terletak pada kelengkapan dan jumlah peralatan usaha.

Go Eat n Drink menawarkan aneka menu ala kafe seperti fried chicken, chicken steak, chicken grill, hot and ice coffee, hot and fresh chocolate dan thai tea. Harga aneka menu tersebut dibanderol mulai Rp 15.000–Rp 25.000 per porsi.

Ia memperkirakan omzet yang dapat dikantongi berkisar Rp 36 juta–Rp 60 juta per bulan. Namun, perolehan omzet tergantung lokasi usaha. Proyeksi pengembalian modal mitra sekitar enam bulan. "Asal biaya sewa tempat Rp 24 juta per tahun. Kalau lebih dari itu balik modal lebih lama," jelas Okki. Luas tempat usaha sekitar 60 m2–100 m2.

Mitra bebas dari biaya royalti. Tak ada juga kewajiban membeli bahan baku ke pusat. "Semua resep akan kami ajarkan. Jadi mitra bisa mandiri, tidak tergantung dengan kami," ujar Okki .

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit berpendapat Go Eat n Drink terlalu cepat menawarkan kemitraan. Maka, calon mitra harus cermat betul dengan tawaran ini.

Pasalnya, Go Eat n Drink sendiri belum memiliki gerai yang beroperasi. "Gerainya saja belum beroperasi. Calon mitra bagaimana bisa yakin apakah bisnis ini menguntungkan atau tidak," tuturnya.

Meski demikian, Levita mengatakan bisnis kuliner sampai saat ini tergolong bisnis yang masih bertahan dibanding bisnis sektor lain.

Go Eat n Drink
Taman Narogong Indah A 16/8
Bekasi Timur, Jawa Barat
HP. 082299228309

Reporter Elisabeth Adventa Editor Johana K.

0

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=E4Y-jxDz90M]

  1. Ini sanksi gunakan bitcoin sebagai alat pembayaran di Indonesia
  2. Dari mana DKI akan bayar ganti rugi pengembang reklamasi?
  3. IHSG disetir data domestik
  4. Gelembung bubble drink mengecil
  5. BI Bali selidiki praktik transaksi bitcoin
  1. Ini harga terbaru 40 merek rokok pasca cukai naik
  2. Ahok gugat cerai Veronica Tan?
  3. Kronologi rekayasa tabrak tiang listrik Setnov
  4. Aksi stand up Joshua Suherman jadi sorotan
  5. Susi tak dibolehkan untuk tenggelamkan kapal lagi

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG