Peluang membiakkan si kucing raksasa (1)

PELUANG USAHA / AGRIBISNIS Peluang membiakkan si kucing raksasa (1) Selasa, 30 Mei 2017 / 16:16 WIB Peluang membiakkan si kucing raksasa (1)

JAKARTA. Sejak lama kucing (Felis catus) menjadi hewan peliharaan favorit bagi banyak orang. Hewan menggemaskan ini banyak disukai karena sifat manja dan malasnya. Bentuk muka dan tubuh kucing pun jadi salah satu poin yang membuat orang sayang padanya.

Salah satu ras kucing yang cukup populer adalah kucing maine coon. Di Indonesia sendiri, kucing jenis ini mulai banyak diburu para pecinta kucing.

Dulunya kucing ini banyak dipelihara para bangsawan dan orang tersohor. Maklum, kucing yang berasal dari Amerika Serikat ini memang memiliki harga jual yang tinggi. Namun, kini kucing maine coon sudah banyak dipelihara para pecinta kucing di dunia.

Daya tarik kucing maine coon terletak pada ukuran tubuhnya yang besar, mencapai panjang 1,5 meter dengan berat badan belasan kilogram. Tak heran bila kucing ini sering disebut kucing raksasa.

Berbeda dengan kucing ras lain, maine coon memiliki bulu yang panjang dan tebal atau biasa disebut American Longhair. Kucing ini termasuk aktif dalam bergerak dan memiliki sifat alami untuk berburu. Karena kelebihannya itu, hewan ini banyak dicari buat peliharaan.

Lantaran permintaannya cukup tinggi, usaha penangkaran maine coon cukup menjanjikan. Salah satu peternak maine coon adalah Aldhy Rianto di Jakarta. Dia sudah mengembangbiakkan kucing raksasa ini sejak enam tahun lalu.

Awalnya, dia cukup tertarik dengan ukuran badan kucing yang lebih besar dari lainnya dan juga karakternya yang lebih jinak. Sampai, sekarang dia sudah memiliki sembilan kucing maine coon.

Menurutnya, kucing asal Amerika Serikat ini sempat booming tiga tahun lalu. "Kalau sekarang sih stabil saja," katanya kepada KONTAN, Senin (29/5).

Selain untuk peliharaan sendiri, pria 23 tahun ini juga melayani pembelian anak kucing maine coon dengan usia rata-rata 3,5 bulan. Harganya pun dibanderol mulai Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta (tanpa sertifikat).

Dalam sebulan dia mengaku dapat menjual sekitar satu sampai dua ekor anak kucing maine coon. Konsumennya tersebar dari Jakarta hingga luar kota.

Pembudidaya maine coon lainnya adalah Taufik Dwi Kurniawan. Pria yang juga berdomisili di Jakarta ini baru membudidayakan maine coon dua tahun lalu. Saat ini, ia sudah menghasilkan lima ekor anakan maine coon. Taufik yang juga membudidayakan kucing jenis lain ini mengaku, sempat menjual dua ekor anakan maine coon. Saat itu, ia menjual maine coon usia lima bulan seharga Rp 5 juta.

"Harga bisa lebih mahal bila memiliki sertifikat ICA (Indonesian Cat Association), tapi saya tidak punya," katanya.

(Bersambung)

Reporter Danielisa Putriadita, Tri Sulistiowati Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  1. Para wanita yang membunuh kakak tiri Kim Jong Un
  2. Ini daftar kekayaan auditor BPK yang ditangkap KPK
  3. DMAS bentuk joint venture dengan Panasonic Group
  4. Seluruh kreditur Pandawa tolak perpanjangan PKPU
  5. DPR nilai Perppu AEoI tak matang
  1. Eh, ada yang menyediakan modal usaha
  2. Auditor utama BPK terjaring OTT KPK
  3. Rizieq akan diperiksa setelah pulang ke Indonesia
  4. Pisah dari Kemkeu, aparat Pajak makin galak
  5. AJI kecam aksi FPI intimidasi pengguna medsos

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG