Pengusaha katering ketupat Lebaran nikmati untung

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA Pengusaha katering ketupat Lebaran nikmati untung Selasa, 04 Juli 2017 / 16:16 WIB Pengusaha katering ketupat Lebaran nikmati untung

JAKARTA. Gema takbir hari raya kian dekat. Menyambut Lebaran banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari pakaian hingga hidangan khas lebaran. Makanan di hari raya juga menjadi penting, sebab akan disajikan bagi sanak keluarga dan tetangga yang datang ke rumah untuk silaturahmi.

Banyak menu yang menjadi pilihan di hari raya. Namun, ketupat dan opor ayam sepertinya tak boleh dilewatkan. Melihat momentum ini, kini katering ketupat kebanjiran order.

Yudhi Ardiansyah pemilik Ijah Catering yang berlokasi di Pondok Tangerang mengaku menuai banyak pesanan. "Tahun ini mengalami kenaikan sebesar 48%. Jika omset 2016 sebesar Rp 24 juta, pada 2017 ini, ketika kami tutup order tanggal 20 Juni, omzet yg akan kita terima sebesar Rp 34 juta," ungkap Yudhi.

Ijah Catering yang berdiri sejak 2014 ini menawarkan ketupat beserta lauknya. Yudhi membandrol 10 ketupat Rp 50.000. Adapun varian menu yang ditawarkan adalah opor ayam, sayur ketupat betawi, sayur buncis, sayur nangka, rendang, sambel goreng ati, sambel goreng ikan, telor balado, telor pindang, dan semur tahu atau tempe. Setiap porsi masakan dipatok Rp 45.000 hingga Rp 300.000.

Paket akan diantarkan sehari sebelum Lebaran. Bagi pelanggan yang berdomisili di sekitar Pondok Aren dibebaskan biaya ongkir. Sedangkan paket dengan tujuan Bintaro dan BSD dikenai jasa antar sebesar Rp 25.000-Rp 40.000.

Sementara, untuk konsumen dari Cinere, Cilandak, Tebet, Pondok Indah, Meruya, Palmerah dan Kebun Jeruk akan diantar jika minimal transaksinya Rp 1 juta. "Wilayah yang lebih jauh kami minta pemesan mengambil pesanan ke rumah produksi atau dapat menggunakan jasa ojek online," tutur Yudhi.

Pelaku usaha ketupat lain yaitu Mohammed Santri atau yang akrab disapa Sansan. Menyediakan ketupat sejak tahun 2005, dia mengaku pesanan ketupat setiap tahun memang selalu naik.

Kini, sudah 25 orang yang pesan ketupat dengan paket makanan lain. Omzet yang diperoleh untuk Lebaran kali ini capai Rp 15 juta. Sedangkan, tahun lalu sekitar Rp 10 juta saja.

Pemesanan dilakukan selama puasa. Setelah itu, paket ketupat dengan makanan lain diantar H-1 Lebaran. Ada dua paket ketupat yang dijajakan oleh Sansan. Yaitu, ketupat dengan sambel goreng ati, sayur godong, rendang, semur, serundeng, dan kolang kaling.

Selain itu, ketupat dengan sambel goreng ati, sayur godong, semur, serundeng, opor ayam negeri atau ayam kampung, dan kolang kaling. Harga yang dibanderol untuk paket ketupat rendang Rp 250.000 sedangkan ketupat dengan opor ayam dibanderol Rp 275.000.

Sansan mengatakan tahun ini, paket ketupat opor ayam lebih banyak diminati. Selain mengantar langsung, dia juga memanfaatkan jasa ojek online untuk mengantar pesanan yang relatif jauh.

Reporter Jane Aprilyani, Maizal Walfajri Editor Havid Vebri

USAHA IKM

  1. Hary Tanoe diperiksa sebagai tersangka hari ini
  2. ROTI catatkan penurunan laba 67%
  3. Kasus e-KTP, Ganjar Pranowo kembali diperiksa KPK
  4. Hary Tanoe tak hadiri panggilan Bareskrim
  5. IHSG melompat 1,38%, BUMI top gainers indeks LQ 45
  1. GNPF temui Jokowi, Polisi tetap usut kasus Rizieq
  2. ROTI catatkan penurunan laba 67%
  3. Mendadak, Jokowi temui GNPF-MUI
  4. Sandiaga Uno siap tampung ide AHY untuk Jakarta
  5. Kejagung: Hary Tanoe sudah jadi tersangka

Feedback ↑ x Feedback ↓ x

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG