Portal perizinan UKM UI sediakan info dari 8 kota

PELUANG USAHA / PELUANG USAHA, INDUSTRI KREATIF Portal perizinan UKM UI sediakan info dari 8 kota Jumat, 15 September 2017 / 09:49 WIB Portal perizinan UKM UI sediakan info dari 8 kota BERITA TERKAIT

KONTAN.CO.ID – Mencari informasi seputar perizinan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kini tak sulit lagi. Web portal pertama yang menyediakan informasi lengkap tentang izin usaha di Indonesia telah hadir dan dapat di akses di www.UKMIndonesia.org.

Portal online ini dirancang dengan menargetkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai pengguna utama. Maka dari itu informasi yang disajikan adalah seputar perizinan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota/Kabupaten.

BACA JUGA :

Untuk memudahkan pengguna, informasi di Web Portal ini telah disusun dengan struktur yang terstandar, komprehensif, dan disertai dengan penyaring informasi berupa jenis bidang usaha dan nama kota. Web portal ini dapat berperan sebagai pelengkap dari web portal yang sudah dimiliki oleh masing-masing pemerintah daerah yang secara langsung menyajikan daftar perizinan dan mengasumsikan pengguna sudah mengetahui izin-izin apa saja yang mereka butuhkan.

Web portal ini dikembangkan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi & Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM-FEB UI). Layanan ini telah menyediakan informasi dari delapan kota yaitu Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Denpasar, Payakumbuh, Sukabumi dan Surabaya.

Ada enam sub-sektor usaha yang berkaitan dengan sebagian besar kegiatan UKM di perkotaan Indonesia yaitu industri makanan, industri tekstil, jasa penyediaan makanan dan minuman, jasa akomodasi, perdagangan eceran, dan jasa pelayanan pariwisata.

UKMIndonesia.org telah mengumpulkan dan menganalisis lebih dari 130 peraturan nasional, 371 peraturan daerah, dan 85 dokumen pendukung, termasuk brosur, spanduk, formulir. "Kemudian dikemas secara terstruktur ke dalam bahasa yang lebih populer agar mudah dipahami secara jelas oleh UKM yang ingin mengurus perizinan," kata Robert Endi Jaweng, Direktur Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (15/9).

LPEM FEB UI akan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk juga menyediakan informasi seputar program-program pendukung UKM dari berbagai kementerian, pemerintah daerah, sampai CSR perusahaan-perusahaan besar. Selain itu, informasi seputar konsultan-konsultan yang jasanya mungkin diperlukan bagi UKM yang bersiap-siap untuk naik kelas juga akan turut disajikan.

Reporter Jane Aprilyani Editor Rizki Caturini

USAHA IKM

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=mWwjkqwG2KA]

  1. KPKNL lelang barang sitaan koruptor, siapa minat?
  2. Barang koruptor di expo lelang terbesar Indonesia
  3. Indra Jaya Piliang ditangkap polisi
  4. LPS pangkas suku bunga penjaminan 25 bps
  5. Mirae: Hati-hati aksi bottom fishing
  1. Negara tak ganti kerugian nasabah First Travel
  2. DPR soroti langkah Menteri KLH soal reklamasi
  3. Kata Apindo soal pencabutan moratorium reklamasi
  4. Ini empat modus baru investasi bodong temuan OJK
  5. Pesan Kemenko PMK untuk Ekspedisi NKRI 2017

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG