Riuhnya sentra percetakan di Tangerang (2)

PELUANG USAHA / SENTRA USAHA Riuhnya sentra percetakan di Tangerang (2) Kamis, 06 April 2017 / 15:30 WIB Riuhnya sentra percetakan di Tangerang (2)

Berdiri sejak 10 tahun lalu, sentra percetakan di Jalan KH. Hasyim Ashari, Tangerang ini berawal dari sebuah gang kecil bernama Gang Pentil 2. Seiring berjalannya waktu, jumlah kios percetakan di wilayah ini terus bertambah.

Tidak hanya di dalam gang, sentra ini juga melebar hingga ke ruas Jalan KH. Hasyim Ashari. Deretan toko percetakan di Jalan KH. Hasyim Ashari mayoritas menempati ruko berukuran luas dan memiliki lahan parkir untuk mobil.

Sedangkan kios percetakan di Gang Pentil 2 mayoritas menempati ruko ukuran kecil. Selain menempati ruko kecil, ada juga kios percetakan yang menempati rumah warga. Lahan parkirnya juga hanya cukup untuk motor.

Dari segi peralatan juga berbeda. Gerai percetakan di di Jalan KH. Hasyim Ashari sudah dilengkapi peralatan cetak lebih canggih atau modern dibandingkan gerai percetakan yang berada di dalam gang. Alhasil, mereka pun lebih unggul dalam layanan.

Dengan peralatan canggih, gerai percetakan skala besar mampu menangani orderan dalam jumlah banyak. Segementasi pelanggan mereka pun berbeda dengan gerai percetakan dalam gang.

Contohnya CV Selaras Print & Pack yang berlokasi di pinggir jalan besar. Ferry Irawan, Marketing CV Selaras Print & Pack mengatakan, gerainya mampu memproduksi segala jenis percetakan yang berhubungan atau bersinggungan dengan kertas. Selain melakukan produksi percetakan pada umumnya, CV Selaras Print & Pack juga mampu melayani produk percetakan pada kardus atau boks.

Sementara percetakan di dalam gang hanya mampu melayani pesanan umum yang berhubungan dengan percetakan kertas. Seperti mencetak kalender, buku, kartu nama, brosur, kop surat, kwitansi, spanduk dan lain-lain.

Parti, pemilik Mila Wondo Grafika sendiri rutin mendapat pesanan mencetak buku Yasin. "Iya lumayan rutin dapat pesanan itu," ujarnya.

Namun demikian, baik CV Selaras Print & Pack maupun Mila Wondo Grafika sama-sama mendapat pesanan terbesar dari pembuatan kartu undangan pernikahan dan brosur.

Di Mila Wondo Grafika, rata-rata harga undangan paling tinggi dibanderol Rp 15.000 per pieces. Sementara di CV Selaras Print & Pack paling mahal Rp 20.000 per pieces. Harga berbeda karena bahan yang digunakan juga berbeda.

Kios percetakan di daerah ini tidak hanya melayani pelanggan dari daerah Tangerang saja. Menurut Ferry, kiosnya pernah melayani pesanan dari Serang. "Dari Serang ada banyak karena di Serang enggak sekomplit di sini, jadi mereka kebanyakan larinya ke daerah Tangerang ini," ungkapnya.

Hampir setiap hari, kawasan ini memang selalu ramai dipenuhi pengunjung. Mereka silih berganti datang untuk berbagai keperluan percetakan.

(Bersambung)

Reporter Danielisa Putriadita Editor Johana Ani K.

PELUANG USAHA

  1. Begini kisah tentang remaja peretas Tiket.com
  2. Perusahaan Arab borong tuna kaleng lokal
  3. Pengusaha pribumi DKI minta tax amnesty ada lagi
  4. Produsen air Cleo akan IPO bidik Rp 57,5 miliar
  5. Pengumuman The Fed hentikan reli bursa AS
  1. Sekjen FUI bicarakan duduki paksa DPR/MPR
  2. Prabowo: Anies-Sandi tak akan tipu rakyat
  3. Anies Baswedan dilaporkan ke KPK soal dana Rp 23 T
  4. Sekjen FUI jadi tersangka, polisi sita Rp 18 juta
  5. Pajak tak lagi sasar kartu kredit, bankir bingung

Feedback ↑ x Feedback ↓ x

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG