Suntikan modal startup masih mayoritas dari asing

PELUANG USAHA / START UP Suntikan modal startup masih mayoritas dari asing Jumat, 15 September 2017 / 20:23 WIB Suntikan modal startup masih mayoritas dari asing BERITA TERKAIT

KONTAN.CO.ID – Perlahan tapi pasti, bisnis startup di tanah air kian moncer. Hal ini tak lepas dari suntikan dana dari para investor ke para pelaku usaha startup. Lihat saja salah satu startup tanah air yang sudah berkembang menjadi unicorn yaitu Tokopedia telah mendapat suntikan dana sebesar US$ 1,1 miliar oleh Alibaba.

Deputi Bidang Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sungkari mengatakan, besarnya minat investor asing menanamkan modal ke Indonesia adalah potensi pasar startup yang besar. Sementara investor lokal yang masuk masih terbatas.

BACA JUGA :

"Saat ini dari segi jumlah investasi masih besar asing. Tapi investor lokal jumlahnya lebih banyak tercatat, namun nilai investasinya tidak sebesar asing," ungkap Hari kepada KONTAN, Jumat (15/9).

Hari mengatakan, investor asing yang sudah masuk ke Indonesia diantaranya East Ventura, Mountain Kejora Ventura, 500 startups, dan Indosat. Di samping itu, ada juga beberapa angel investor lain yang menyuntik dana ke startup lain yaitu Lippo Grup yang menginvestasi ke Matahari Mall sebesar US$ 500 juta, Softbank Capital and Sequoia Capital (co-Investment) yang investasikan dana ke Tokopedia sebesar US$ 100 milion.

Sementara SK Planet dan XL Axiata yang berinvestasi ke Elevania sebesar US$ 36,6 juta dan Ideosource yang menginvestasikan dana ke Bhinneka sebesar US$ 22 juta. "Yang paling besar investor China ke Go-jek sebesar US$ 550 juta," tutur Hari.

Disepanjang tahun 2016, Hari bilang sektor yang banyak mendapat suntikan dana investasi asing yaitu e-commerce sebesar 21%, fintech 20% dan pelaku usaha on-demand 13%. Sisanya pelaku bisnis pendidikan, social media, musik, games, medical, HR SaaS, agrikultur dan lainnya.

Selain aktifnya investor asing, Hari mencatat bahwa ada juga investor lokal seperti Metra Digital Inovasi (MDI) dan Alpha JWC Ventura yang aktif menanamkan dananya. "Apalagi angel investor lokal mulai berkembang dan tergabung dl asosiasi ANGIN. Sedangkan venture capital tergabung dalam AMVESINDO," sebut Hari.

Reporter Jane Aprilyani Editor Rizki Caturini

STARTUP

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=FfVEn5gUgRo]

  1. Unilever akan melepas merek Blue Band?
  2. Sudah tahu belum, HP harus dimasukkan ke SPT?
  3. Mirae: Hati-hati aksi bottom fishing
  4. LPDP targetkan 5.000 penerima beasiswa baru 2018
  5. Korut tembakkan rudal ke arah timur
  1. Negara tak ganti kerugian nasabah First Travel
  2. DPR soroti langkah Menteri KLH soal reklamasi
  3. Kata Apindo soal pencabutan moratorium reklamasi
  4. Ini empat modus baru investasi bodong temuan OJK
  5. Pesan Kemenko PMK untuk Ekspedisi NKRI 2017

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG