WeCare.id ajak donasi medis mulai Rp 25.000

PELUANG USAHA / START UP WeCare.id ajak donasi medis mulai Rp 25.000 Selasa, 17 Oktober 2017 / 14:46 WIB WeCare.id ajak donasi medis mulai Rp 25.000

KONTAN.CO.ID – Berangkat dari kegelisahan untuk membantu pasien-pasien yang masih kesulitan mendapatkan layanan medis yang optimal. Khususnya, tidak memiliki akses pendanaan yang cukup untuk kebutuhan medis, membuat Gigih Septianto mendirikan start-up WeCare.id.

WeCare.id resmi diluncurkan pada 15 Oktober 2015.

"Secara sederhana WeCare.id membantu mengumpulkan dana dari publik untuk mendanai pasien-pasien yang didaftarkan oleh rekan medis kami (dokter atau rumah sakit)," kata Gigih.

Gigih bercerita, dalam memulai WeCare.id pihaknya tak menggunakan modal dari luar sama sekali. Jadi benar-benar memanfaatkan sumber daya yang ada secara swadaya di awal.

Ada tiga layanan yang ditawarkan WeCare.Id. Pertama, layanan Bantu Pasien untuk membantu pasien-pasien yang masih kekurangan biaya medis untuk menggalang dana dari masyarakat luas. Hingga saat ini sudah sekitar 205 pasien lebih yang terbantu dengan total pendanaan lebih dari Rp miliar.

Kedua, Bantu Insiatif. Gigih bilang, selain bantu pasien, pihaknya juga mencoba untuk membantu menggalang dana untuk organisasi atau komunitas yang memiliki program-program berkaitan dengan isu kesehatan. Misalnya, program cek kesehatan gratis atau penyediaan nutrisi di desa-desa.

"Untuk Bantu Inisiatif belum banyak, baru sekitar 10 inisiatif yang sudah kami galangkan dananya," ujar Gigih.

Ketiga, layanan Ajukan Pasien. Untuk mengajukan pasien ada dua cara, yang pertama yaitu melalui Medikator/Medical Partners WeCare.id, di mana pasien akan diajukan oleh mitra medis yang terdiri dari dokter atau rumah sakit.

Selain itu weCare.id juga menerima ajuan pasien dari publik melalui Katalis, sehingga siapa saja dapat mengajukan pasien ke WeCare.id.

Dalam waktu dekat ini, Gigih bilang akan mengembangkan konsep membership. "Mirip seperti microinsurance untuk memfasilitasi kebutuhan layanan medis yang sifatnya jangka panjang untuk pasien," imbuh Gigih.

Untuk mendapatkan dana, WeCare.id akan melakukan kampanye crowd funding untuk setiap pasien yang sudah disetujui. "Melalui situs kami para pendonor dapat memilih pasien mana yang akan dibantu. Pendonor dapat berdonasi mulai dari Rp 25.000," papar Gigih.

Pendonor akan mendapatkan laporan setiap kali pasien mengalami kemajuan dalam perawatan medisnya. Selain itu dana yang di-disburse ke pasien akan ditampilkan secara transparan melalui website wecare.id.

Tertarik berdonasi di Wecare.id?

Reporter Francisca Bertha Vistika Editor Dupla Kartini

BISNIS START-UP

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=Z76KqbJTbOs]

  1. RCTI menang melawan Sinemart & Leo Sutanto
  2. Telkom digugat Rp 16 T oleh Citra Sari Makmur
  3. Ketepatan ukuran Mr P dan kondom berperan penting
  4. Waskita Beton bukukan laba bersih Rp 825 miliar
  5. Impor melemah, utang bertambah
  1. Pemerintah cabut sertifikat halal dari MUI?
  2. Giliran Allianz Utama dilaporkan ke polisi
  3. Tweet Najwa Shihab soal Anies Baswedan bikin kepo
  4. Kwik Kian Gie: Indonesia masuk resesi menyakitkan
  5. Ini sosok Setiawan Ichlas dalang akuisisi Muamalat

Feedback ↑ x Feedback ↓ x Close [X]

Leave a Reply

Blogs
What's New Trending

Related Blogs

Sign up for newsletter

Get latest news and update

Newsletter BG